3 Cara Simpel Merawat Marmer yang Bisa Dilakukan Sendiri - Bali Marmer, Bali Granit, Merawat Marmer dan Granit, Jual Lantai Marmer, Granit Dinding Extrior

Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Trending Posts

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

3 Cara Simpel Merawat Marmer yang Bisa Dilakukan Sendiri


Cara simpel merawat marmer adalah dengan memberikan perlakuan yang tepat, baik ketika marmer itu bersih, ataupun kotor. Jika bahan pelapis rumah menggunakan bahan marmer, baik itu di bagian lantai, meja dapur, ataupun dinding, lakukan beberapa tips perawatan marmer berikut ini untuk menjaga kualitas dan kebersihan marmer.
Cara Simpel Merawat Marmer di Rumah
1.      Membersihkan marmer secara rutin
Membersihkan marmer secara rutin adalah salah satu cara mudah merawat marmer yang harus dilakukan. Marmer yang bersih bukan hanya akan memberikan keindahan secara visual saja, melainkan juga akan memberikan kualitas kesehatan untuk seluruh anggota keluarga. Bila perlu, atur jadwal untuk membersihkan atau mengepel lantai marmer. Misalnya dua hari sekali atau tiga hari sekali. Hal ini dimaksudkan agar marmer bisa bebas dari kotoran-kotoran kecil yang bisa menggores permukaannya.
2.      Membersihkan marmer dari noda
Marmer adalah salah satu batuan yang tidak boleh dibiarkan kotor terlalu lama. Kotoran kering ataupun kotoran basah akan lebih mudah merusak lapisan atas marmer. Kotoran kering seperti debu akan menggores permukaan marmer secara perlahan namun pasti. Akibatnya akan muncul goresan-goresan halus yang mengganggu. Sementara itu kotoran basah seperti minyak, tinta, atau bekas makanan akan memberikan bekas yang akan merusak tampilan indah marmer itu sendiri. Jika kotoran dan noda dibiarkan dalam waktu yang lama, tentu saja kualitas marmer akan terganggu. Oleh karena itu, ketika ada kotoran atau noda di atas marmer, segera bersihkan.
3.      Menggunakan bahan pembersih yang ramah lingkungan
Cara membersihkan marmer, baik saat membersihkan secara rutin dan juga membersihkan dari noda juga harus selalu dilakukan dengan metode yang baik. Tidak diperkenankan menggunakan alat-alat yang akan merusak permukaan marmer seperti kain pel kasar, atau alat listrik seperti vacuum cleaner. Gunakan saja kain yang halus dari jenis microfiber. Selain itu, gunakan bahan-bahan pembersih yang ramah lingkungan. Bahan ramah lingkungan tidak akan merusak marmer, berbeda dengan bahan kimia yang keras yang kemungkinan besar bisa merusak permukaan marmer.
Bahan Pembersih Marmer yang Ramah Lingkungan
Bahan pembersih marmer yang ramah lingkungan sudah pasti akan aman untuk digunakan. Beberapa bahan yang aman untuk lingkungan antara lain:
·         Jeruk nipis dan garam
Jeruk nipis adalah bahan alami yang memang sering digunakan untuk membersihkan noda. Kandungan jeruk nipis juga ada di banyak produk sabun pencuci piring. Sementara itu garam bersifat antibakteri, yang akan membantu menghilangkan kuman dari permukaan marmer.
Noda pada marmer bisa dihilangkan secara alami dengan cara mengiris jeruk nipis menjadi dua bagian atau beberapa bagian (sesuai selera). Peras jeruk nipis pada sebuah wadah, dan beri garam. Gunakan larutan yang terbentuk tersebut untuk mengusap bagian noda pada marmer. Jika noda sudah benar-benar hilang, segera bilas dengan air, kemudian keringkan dengan kain.
·         Sabun cuci piring
Sabun cuci piring biasanya mengandung juga ekstrak jeruk nipis, sehingga bisa digunakan secara aman untuk membersihkan marmer dari noda dan kotoran. Cara membersihkan marmer dengan sabun cuci piring tidak jauh berbeda dengan ketika mencuci piring biasa. T sabun pencuci piring pada kain halus atau kain microfiber. Basahi kain tersebut dengan air bersih. Usap bagian yang kotor dengan larutan sabun pencuci piring secara lembut agar marmer tidak tergores. Jangan menggosok permukaan marmer dengan pola melingkar atau pola yang tidak searah, karena akan merusak permukaan marmer. Bilas dengan air dan keringkan.
·         Baking soda
Baking soda adalah bahan yang aman berikutnya untuk membersihkan noda pada marmer. Selain itu, bahan ini juga mudah didapatkan di toko-toko terdekat. Soda kue memiliki kandungan sifat basa yang pas untuk marmer karena basa tidak akan merusak kualitas marmer. Cara membersihkan marmer dengan baking soda adalah dengan membuat mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga muncul pasta baking soda. Aplikasikan secara lembut pasta itu pada pada permukaan marmer yang dikehendaki. Pasta ini tidak menimbulkan bekas pada permukaan marmer, namun tetap bilas secara bersih dan keringkan setelahnya.
·         Amonia
Amonia juga merupakan bahan basa yang cocok untuk marmer. Jika ada noda lemak seperti minyak, bekas makanan, atau tumpahan make up, amonia adalah pembersih yang ampuh dan aman untuk menghilangkannya. Caranya juga cukup sederhana. Buat larutan amonia dengan 1 sendok teh amonia dengan 1 gelas air bersih. Aduk hingga rata. Gunakan kain mikrofiber untuk mengaplikasikan larutan amonia pada noda marmer agar tidak ada goresan. Gosok secara perlahan hingga noda benar-benar hilang. Jika sudah selesai, bilas dengan air dan keringkan segera.

Demikianlah penjelasan mengenai cara simpel merawat marmer dengan beberapa bahan pembersih marmer yang ramah lingkungan. Semoga bermanfaat.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Supplier Marmer Granit] [img=] [description=Your Description Here] (facebook=Facebook Profile Url) (twitter=Twitter Profile Url) (instagram=Instagram Profile Url) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)

Follow @Infinyteam

    Abut Us

    PABRIK MARMER

    Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


    : [email protected]



    Popular Posts

    Hubungi Kami