Cara Membuat Motif Marmer pada Pilar dengan Cat sebagai Elemen Arsitektural - Bali Marmer, Bali Granit, Merawat Marmer dan Granit, Jual Lantai Marmer, Granit Dinding Extrior

Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Trending Posts

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Cara Membuat Motif Marmer pada Pilar dengan Cat sebagai Elemen Arsitektural


Cara membuat motif marmer pada pilar perlu diketahui, mengingat marmer adalah bahan yang mahal dan tidak semua kalangan mampu membeli bahan tersebut. Motif marmer tiruan ini akan membuat tampilan rumah menjadi lebih mewah, namun tidak diperlukan biaya yang mahal untuk membeli marmer.
Marmer Tiruan sebagai Elemen Arsitektural
Saat ini ada trik-trik dalam dunia arsitektur untuk membuat motif marmer yang bisa diterapkan di banyak bagian rumah, termasuk pilar. Hal ini berkaitan dengan perkembangan dunia arsitektur yang sangat pesat, baik di bagian eksterior maupun interior.
Di bagian eksterior, motif marmer biasanya diterapkan pada pilar bangunan. Pilar marmer memang akan mengesankan kekokohan dan kekuatan bangunan itu sendiri. Namun tidak banyak masyarakat yang mampu membeli marmer untuk elemen arsitektural mereka. Akibatnya, ada sebuah terobosan baru di dunia arsitektur yang mempopulerkan cara mengecat yang menimbulkan efek motif marmer.
Teknik finishing itu berkembang semakin pesat karena efek yang ditimbulkan memang benar-benar mirip dengan marmer, mulai dari kilapnya, coraknya, hingga warna alaminya. Selain itu, efek marmer dari cat ini juga bisa diperoleh dengan harga yang lebih murah. Namun tentu dibutuhkan cat dan bahan yang berkualitas agar efek marmer itu bisa lebih tahan lama.
Jika ingin menerapkan teknik finishing efek marmer ini pada pilar rumah, pastikan menggunakan jasa tenaga yang benar-benar ahli dan memahami tentang seni, agar hasil efek marmer dari cat ini bisa lebih maksimal dan sesuai dengan aslinya.
Cara mengecat motif marmer pada pilar terbilang praktis, karena mendapatkan marmer asli juga tidak mudah. Apalagi jika kebutuhan pilar marmer sangat banyak. Akan butuh banyak stok marmer yang diperlukan. Padahal marmer adalah bahan alami yang bisa saja warna dan coraknya berbeda-beda antara toko yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu teknik pengecatan efek marmer ini bisa mewujudkan keinginan tersebut.
Cara Membuat Motif Marmer pada Pilar Teknik Kuas
Cara pertama memberikan efek marmer adalah dengan sapuan kuas. Bahan yang diperlukan untuk membuat motif marmer pada pilar antara lain:
·         Cat dengan warna senada (gradasi) sesuai selera
·         Air untuk pengencer
·         Kuas dalam berbagai ukuran
·         Lap microfiber
·         Koran
Adapun cara membuat motif marmer pada tiang adalah sebagai berikut.
  1. Haluskan pilar beton yang akan dicat dengan efek marmer.
  2. Cat permukaan pilar beton dengan warna dasar cat akrilik. Pengecatan bisa dilakukan dengan teknik kuas. Jika mengecat dengan kuas, usahakan mengecat dengan cara miring atau diagonal. Tujuannya untuk meratakan warna dan tekstur.
  3. Setelah selesai, sekarang saatnya membuat motif marmer. Caranya adalah dengan sapukan warna gradasi yang agak gelap secara diagonal secara acak. Arah sapuan harus sama dengan sapuan cat dasar agar mengesankan arah serat marmer yang sama.
  4. Ambil kuas yang berukuran lebih kecil. Lakukan cara yang sama untuk gradasi cat yang lebih tua. Bila perlu, selagi masih basah, usap dengan lap microfiber untuk mengesankan serat marmer yang alami. Atau bisa juga dengan mengusapnya dengan kuas yang lebih besar untuk mendapatkan sisa sapuan yang lebih tipis.
  5. Lakukan cara yang sama hingga efek marmer benar-benar terlihat.
  6. Untuk efek retakan warna ster pada marmer, bisa digunakan koran sebagai cetakan. Caranya, sobek koran secara memanjang. Tempelkan koran pada lapisan pilar yang dikehendaki. Jadikan sobekan koran tersebut sebagai cetakan pembuat retakan ster pada marmer. Hasil retakan akan lebih alami.
Cara Membuat Motif Marmer pada Pilar Teknik Semprot
Cara kedua untuk memberikan kesan marmer pada pilar adalah dengan teknik cat semprot. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
·         Cat akrilik untuk pilar beton
·         Air
·         Lap microfiber
·         Cat dengan warna senada (gradasi) sesuai selera
·         Koran
·         Kain kasa
·         Pernis
·         Penyemprot cat
Tahapan yang harus dilakukan antara lain:
  1. Haluskan permukaan pilar beton.
  2. Cat permukaan pilar beton dengan cat akrilik warna dasar atau warna yang paling muda.
  3. Sobek koran dengan panjang 2 sampai 6 cm. Sobekan koran ini bertujuan untuk memberi efek retakan ster pada marmer.
  4. Semprotkan warna cat yang gradasinya lebih tua untuk motif alami marmer.
  5. Setelah itu, ambil kain kasa dan lapiskan pada permukaan marmer sebanyak 3 sampai 5 lapisan atau tumpukan. Kasa ini bertujuan untuk memberikan kesan bercak serat marmer.
  6. Gunakan cat yang lebih gelap atau yang sama gelapnya dengan retakan ster sebelumnya.
  7. Ulangi penyemprotan hingga terbentuk motif marmer yang diinginkan.
  8. Setelah selesai, gunakan pernis untuk memberikan kesan kilap pada pilar.
Demikianlah Cara membuat motif marmer pada pilar, semoga bermanfaat bagi yang ingin mencobanya.

QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Supplier Marmer Granit] [img=] [description=Your Description Here] (facebook=Facebook Profile Url) (twitter=Twitter Profile Url) (instagram=Instagram Profile Url) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)

Follow @Infinyteam

    Abut Us

    PABRIK MARMER

    Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


    : [email protected]



    Popular Posts

    Hubungi Kami