Cara Bersihkan Marmer dan Perawatannya Secara Tepat - Bali Marmer, Bali Granit, Merawat Marmer dan Granit, Jual Lantai Marmer, Granit Dinding Extrior

Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Trending Posts

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Cara Bersihkan Marmer dan Perawatannya Secara Tepat


Cara bersihkan marmer memang penting untuk diketahui, mengingat marmer adalah material batuan alami yang mahal. Tentu saja cara pembersihannya berbeda dengan lantai biasa. Perawatannya pun juga harus dilakukan dengan cara-cara yang benar, karena marmer itu sendiri memiliki sifat yang berbeda dari lantai keramik biasa.
Cara Bersihkan Marmer secara Tepat
Jika lantai marmer pada rumah terkena noda atau kotoran, maka hal yang harus dilakukan adalah segera membersihkannya dengan cara yang tepat. Adapun cara membersihkan marmer secara aman adalah dengan mengikuti tips-tips berikut ini:
1.      Membersihkan marmer secara intensif
Membersihkan marmer harus dilakukan secara intensif, karena noda yang mengenai permukaan marmer selalu mudah terserap akibat daya porisitas marmer yang terbilang tinggi. Apalagi untuk marmer lokal yang pori-porinya besar dan marmer yang tidak dilapisi pelindung sebelumnya. Jika ada noda seperti noda makanan, tinta, atau noda minuman yang tumpah, maka segera lakukan pembersihan di area tersebut. Jangan pernah menunda untuk membersihkan marmer, karena noda yang tidak segera dibersihkan akan meninggalkan bekas berupa bercak-bercak yang akan merusak tampilan marmer.
2.      Membersihkan dengan kain basah atau lembab
Kain yang lembut dan lembab atau basah akan memberikan risiko minimal goresan pada permukaan marmer. Hal ini sejalan dengan karakteristik marmer yang sangat mudah tergores. Untuk menggunakan kain lembut ini pun, cara penggunaannya tidak boleh digosok dengan keras, karena penggosokkan akan menggores marmer. Usap saja permukaan marmer dengan lembut hingga noda benar-benar hilang.
3.      Menggunakan kain mikrofiber
Bila perlu, gunakan kain mikrofiber. Kain jenis mikrofiber ini memiliki serat yang sangat halus. Serat itu akan meminimalkan risiko goresan pada marmer jika dibandingkan dengan kain lap atau kain pel biasa. Namun, walaupun sudah menggunakan kain mikrofiber, ada baiknya jika tetap mengusap marmer dengan lembut dan jangan digosok.
4.      Menggunakan bahan pembersih yang aman
Bahan alami atau bahan yang banyak dijumpai di rumah adalah bahan yang memiliki risiko kecil untuk merusak marmer. Beberapa bahan alami yang direkomendasikan adalah garam, sabun pencuci piring, pemutih pakaian, amonia, deterjen cair, baking soda, dan bedak tabur. Gunakan bahan-bahan yang aman dengan teknik pembersihan yang aman untuk mendapatkan hasil maksimal.
5.      Menggunakan cairan pembersih marmer khusus
Cairan pembersih marmer khusus juga diperlukan untuk membersihkan permukaan marmer sehar-hari. Jangan menggunakan cairan pembersih lantai yang umum digunakan atau dijual di pasaran bebas, karena cairan itu hanya untuk membersihkan keramik. Periksa selalu saat akan membeli sabun pembersih lantai marmer. Sabun pembersih marmer khusus tidak mengandung asam berlebihan dan pH-nya cenderung netral seperti air.
6.      Pastikan marmer selalu kering
Jika proses pembersihan sudah selesai dilakukan, pastikan selalu agar marmer benar-benar kering. Gunakan kain lembut atau kain mikrofiber yang kering untuk membasuh bekas pembersihan pada marmer. Pastikan tidak ada genangan lain yang akan merusak bagian dalam marmer.
7.      Hindari pembersihan dengan larutan asam atau cuka
Walaupun secara fisik marmer memiliki kemampuan untuk menetralisir asam, namun penggunaan larutan berbahan asam akan merusak kandungan kalsit yang ada pada marmer. Beberapa cairan pembersih lantai juga menggunakan kandungan asam. Oleh karena itu, teliti dulu sebelum membeli. Selain itu, beberapa cuka memang direkomendasikan untuk membersihkan lantai. Namun, hindari cuka untuk membersihkan bahan marmer.
Perawatan Marmer secara Aman
Jika cara membersihkan lantai marmer sudah dilakukan dengan tepat, maka perawatan marmer tetap harus dilakukan setiap harinya. Berikut ada beberapa tips untuk merawat lantai marmer secara aman.
1.      Melindungi marmer dari goresan
Marmer adalah bahan yang tidak tahan goresan, oleh karena itu dalam perawatannya, pastikan selalu agar marmer tidak terkena goresan benda tajam secara langsung. Jika ingin memindahkan perabot, maka angkat perabot tanpa harus menggeser perabot. Bila perlu, pasang pelapis khusus di bawah kaki-kaki perabot seperti kursi, meja, dan sebagainya untuk antisipasi. Jika ingin makan lesehan di atas lantai, gunakan alas juga agar bekas peralatan makan tidak menggoresnya.
2.      Mengkilapkan dengan chamois
Chamois adalah sebuah bahan yang lembut yang terbuat dari handuk khusus. Chamois ini berguna sebagai alat pembersih dan pengkilap marmer. Namun chamois yang digunakan juga harus merupakan chamois khusus unuk marmer.
3.      Menghilangkan goresan pada marmer
Jika permukaan marmer tergores sesuatu, ambil air hangat dan kain mikrofiber. Gosok bagian goresan dengan lembut dan hati-hati. Perlahan-lahan, goresan tipis akan hilang. Jika goresan cukup dalam, lakukan cara yang sama dengan bantuan sabun pencuci piring. Setelah selesai, keringkan secara sempurna. Cara kedua adalah dengan menggunakan kertas amplas halus. Gosok kertas amplas halus secara lembut pada bagian-bagian yang tergores saja. Namun jangan terlalu keras, karena gosokan yang keras justru akan membuat lubang. Jika tidak yakin, lebih baik memanggil ahli untuk menghapus goresan tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai cara bersihkan marmer dan perawatannya. Semoga bermanfaat.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Supplier Marmer Granit] [img=] [description=Your Description Here] (facebook=Facebook Profile Url) (twitter=Twitter Profile Url) (instagram=Instagram Profile Url) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)

Follow @Infinyteam

    Abut Us

    PABRIK MARMER

    Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


    : suppliermarmergranit@gmail.com



    Popular Posts

    Hubungi kami