Cara Menghilangkan Goresan pada Lantai Granit - Bali Marmer, Bali Granit, Merawat Marmer dan Granit, Jual Lantai Marmer, Granit Dinding Extrior

Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Trending Posts

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Cara Menghilangkan Goresan pada Lantai Granit


Cara menghilangkan goresan pada lantai granit dapat dilakukan untuk menjaga tampilan dan kualitas dari lantai agar lebih tahan lama. Memiliki rumah dengan lantai berbahan granit akan memberikan kesan yang berbeda. Untuk itu, kita harus bis menjaga kualitasnya setiap saat agar lantai tidak rusak ataupun tergores yang dapat mengurangi keindahannya.
Temukan Cara Menghilangkan Goresan pada Lantai Granit di Bawah Ini
Goresan pada lantai granit sering membuat pemilik rumah merasa khawatir dan cemas karena tampilan lantai tidak akan secantik dulu. Mereka akan mencari berbagai cara untuk dapat mengatasi goresan tersebut. Bagi orang awam mungkin akan kesulitan untuk bisa melakukan perawatan ini karena selain membutuhkan alat dan bahan yang khusus, perawatan ini juga membutuhkan keahlian tersendiri yang tidak dimiliki oleh semua orang. Untuk itu, Anda bisa mempercayakannya pada mereka yang lebih ahli untuk menangani berbagai masalah lantai, seperti tergoresnya lantai granit.
Berikut ini adalah tahapan yang sering digunakan untuk mengatasi goresan pada lantai granit:
1.      Proses grinding
Tujuan dari dilakukannya proses ini adalah untuk menghilangkan atau meratakan baret pada lantai menggunakan batu grinding bernama diamond pad. Tahapan proses ini adalah dengan menggunakan diamond pad berukuran 30 (kasar) hingga 2000 (halus). Penggunaan diamond pad 30 bermanfaat untuk menghilangkan baret pada lantai. Diamond pad ini dipasangkan pada mesin buffing kemudian dijalankan secara berurutan hingga semua permukaan lantai sudah digerinding semua. Apabila noda atau baret sudah hilang, gantilah batu dengan diamond pad 50 untuk menghaluskan lantai yang masih kasar akibat proses sebelumnya. Cara penggunaan mesinnya sama dengan proses sebelumnya dan ulangi cara ini pada diamond pad berukuran 100, 500, 1000 hingga diamond pad 2000.
2.      Proses kristalisasi lantai
Proses ini bertujuan untuk membuat lantai jadi mengkilap dengan menggunakan ibat serbuk kristal. Caranya cukup mudah yaitu dengan menaburkan obar serbuk tersebut ke lantai yang sudah digerinding lalu basahi lantai menggunakan air sedikit demi sedikit. Setelah itu, nyalakan mesin buffing secara berurutan hingga semua permukaan lantai yang sudah ditabur obat serbuk tergilas dengan mesin semua. Pada umumnya, proses ini berlangsung selama 1 jam. Apabila lantai sudah terlihat mengilap maka Anda bisa melanjutkan ke proses selanjutnya yakni finishing atau pelapisan.
3.      Pelapisan atau finishing
Sebelumnya, Anda harus memilih bahan yang tepat untuk pelapisan lantai granit yang tergores. Anda dapat menggunakan pelapis khusus berbentuk cream. Caranya cukup dengan mengoleskan cream pelapis secara merata pada permukaan lantai yang sudah dikristal. Diamkan sebentar hingga cream tersebut mulai mengering, biasanya 30 menit. Apabila cream sudah mengering, kemudian jalankan mesin buffing yang sudah diberikan steel woll secara berurutan hingga lantai tergilas oleh mesin semua. Setelah itu, lakukan cara merawat lantai granit secara rutin agar granit bisa tahan lama.
Selain cara di atas, ada cara lain yang ternyata juga sering digunakan untuk menghilangkan baret atau goresan di lantai granit. Hanya saja, penggunaan bahan poles ini juga tergantung dengan jenis dan kondisi granit saat itu. Oleh karena itu, pastikan jika bahan oles yang digunakan sudah sesuai. Berikut adalah cara menghilangkan goresan di granit:
1.      Clean and throw
Tahap ini dilakukan dengan cara membersihkan kotoran-kotoran, debu atau akumulasi coating granit menggunakan wax stripper.
2.      Fill in the holes
Selanjutnya, Anda dapat menambal dan atau mengisi crack pada granit yang tergores menggunakan katalis, resin dan pewarna yang sesuai dengan warna alami granit.
3.      Reflat
Setelah itu, permukaan lantai diratakan kembali dan disambing menggunakan Diamond Disk dengan skala besar.
4.      Refine
Goresan yang ada pada permukaan granit kemudian dihilangkan menggunakan Diamond Disk berskala besar sampai kecil, tergantung dengan tingkat keparahan goresan yang terjadi.
5.      Recolor
Granit yang terkelupas pasti menimbulkan lantai berwarna belang atau berbeda sehingga bagian tersebut harus dibentuk kembali menggunakan chemical sesuai dengan warna alami granit.
6.      Crystallization
Apabila granit sudah berkilaian alami maka tahap berikutnya adalah memberikan lapisan kristal pada lantai granit menggunakan cairan tertentu untuk membuat kilaunya bertahan lebih lama.
7.      Coating
Pancaran kilau yang semakin sempurna menjadi pertanda bahwa kita harus melakukan tahap terakhirnya, yakni melapisi permukaan granit menggunakan cairan chemical sealer untuk mencegah timbulnya flek maupun noda. Namun, Anda harus berhati-hati dalam penggunaan bahan ini karena jika bahan ini masuk ke dalam pori-pori maka dapat melemahkan struktur bagian dalamnya sehingga menjadi rapuh.

Tidak mudah untuk melakukan cara menghilangkan baret pada lantai granit jika kita tidak memiliki keahlian atau pengetahuan sama sekali. Oleh karena itu, gunakan saja jasa service untuk menangani masalah ini agar lantai granit kita dapat kembali mengkilap seperti baru. Demikian cara menghilangkan goresan pada lantai granit.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Supplier Marmer Granit] [img=] [description=Your Description Here] (facebook=Facebook Profile Url) (twitter=Twitter Profile Url) (instagram=Instagram Profile Url) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)

Follow @Infinyteam

    Abut Us

    PABRIK MARMER

    Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


    : [email protected]



    Popular Posts

    Hubungi Kami