Penggantian atau Pemasangan Granit Anak Tangga - Bali Marmer, Bali Granit, Merawat Marmer dan Granit, Jual Lantai Marmer, Granit Dinding Extrior

Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Trending Posts

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Penggantian atau Pemasangan Granit Anak Tangga


Granit anak tangga adalah pilihan bahan yang cocok dan elegan. Granit memiliki kekuatan yang baik dan cenderung tahan terhadap gores jika dibandingkan dengan material sejenis lain seperti marmer. Tangga juga merupakan area yang jarang digunakan beraktifitas. Sehingga risiko granit pada anak tangga terkena noda akan sangat minim.
Tahapan Mengganti Keramik dengan Granit Anak Tangga
Jika tangga di rumah terlihat monoton dengan lapisan keramik yang tidak berestetika, mungkin keramik itu perlu diganti dengan bahan granit untuk anak tangga. Penggantian bahan anak tangga akan memberikan kesan yang baru di rumah. Terutama jika rumah sudah cukup lama tidak direnovasi atau diperbaiki. Lalu bagaimana cara mengganti keramik dengan granit anak tangga? Simak penjelasan berikut ini:
1.      Pembongkaran
Tahap yang pertama adalah tahap pembongkaran terhadap lapisan lantai yang lama. Pembongkaran bisa dilakukan mulai dari bagian bawah ke bagian atas. Jangan bongkar dari atas ke bawah atau dari bagian tengah. Alasannya adalah agar sisa bongkaran, puing, atau debu bekas bongkaran anak tangga tidak menutupi anak tangga berikutnya yang berada di bawahnya. Dengan demikian proses pembongkaran akan lebih mudah dan cepat.
Jika tangga sudah dipasangi railing atau pegangan, maka lapisi pegangan tangga tersebut dengan koran atau kardus bekas. Terutama untuk jenis railing yang mudah tergores seperti kayu. Tujuannya untuk meminimalisir risiko terkena goresan pecahan keramik yang dibongkar.
2.      Bongkar sisa adukan semen atau spesi
Setelah membongkar keramik, bongkar juga sisa spesi atau bekas adukan semen lama yang merekatkan lapisan keramik dengan lapisan struktur tangga. Pembongkaran ini bertujuan untuk mengetahui ukuran anak tangga yang sebenarnya. Dan jika ada ukuran anak tangga yang kurang sesuai, bisa dilakukan pembetulan terlebih dahulu. Ukuran anak tangga yang disarankan adalah 15 – 20 cm.
3.      Tentukan as pertama anak tangga
Penentuan as pertama anak tangga ini bisa dilakukan dengan cara mengukur lebar total tangga di bagian atas dan bagian bordes. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada kemiringan atau tidak. Jika memang ada kemiringan, nanti akan susah dilakukan pemasangan granit yang baru.
4.      Pasang granit
Memasang batu granit anak tangga yang pertama adalah memasang bagian vertikalnya. Lakukan pemasangan dari anak tangga bagian atas ke bagian bawah. Pemasangan granit secara vertikal ini perlu diberi lebihan tinggi. Misalnya jika anak tangga memiliki tinggi 15 cm, maka ukuran pemotongan granit harus lebih tinggi, yaitu 18 cm.
Cara pemasangan granit untuk anak tangga kurang lebih sama dengan memasang keramik untuk dinding. Hanya saja, selalu taburi semen kering pada setiap penampang. Tujuannya agar spesi tidak mudah tumpah atau meluber ketika granit diketuk-ketuk saat pemasangan.
Setelah granit terpasang, cek selalu dengan waterpass atau dengan selang yang diisi air sebagai waterpass sederhana. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah granit sudah dipasang secara benar dan pas tegak lurus.
Selain itu, setiap memasang granit, ukur selalu jaraknya terhadap dinding acuan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan yang diakibatkan karena faktor kemiringan atau kesalahan presisi bahan. Pemasangan granit juga harus disesuaikan dengan railing yang sudah terpasang. Hal ini bertujuan untuk menghindari ketimpangan tinggi antara permukaan anak tangga dengan ketinggian pangkal railing.
5.      Memasang step nosing
Desain granit untuk anak tangga tidak lengkap rasanya tanpa adanya step nosing. Step nosing adalah bagian anak tangga yang berfungsi agar permukaan anak tangga tidak licin, sehingga pengguna anak tangga tidak mudah terpeleset. Untuk memasang step nosing pada lantai granit, caranya tidak jauh berbeda dengan proses pemasangan step nosing pada lantai keramik biasa. Pastikan dulu bahwa anak tangga sudah terpasang secara siku-siku dan presisi.
6.      Bersihkan celah antar granit
Pembersihan nat granit bertujuan untuk menghindari kotoran yang bisa mengganggu celah-celah antara granit yang satu dengan granit yang lain. Selain itu, pembersihan nat bertujuan juga untuk menghilangkan noda bekas semen yang menempel.
7.      Potong granit sesuai ukuran untuk bagian pinggir tangga.
Potong granit sesuai dengan ukuran bagian ujung atau pinggir tangga yang belum dilapisi granit, terutama untuk bagian yang berada di sekitar railing. Lalu, pasang bagian granit di sekitar railing dengan teliti, sesuai dengan step-step yang sudah dijelaskan di atas. Pasang dengan hati-hati agar railing tangga tidak rusak.
8.      Isi nat granit
Langkah berikutnya adalah mengisi bagian celah antar granit dengan nat. Aplikasikan secara hati-hati. Jangan sampai ada gelembung udara yang tertinggal di dalam nat karena akan berpotensi menciptakan retakan pada nat.
9.      Pembersihan akhir
Proses terakhir adalah pembersihan. Bersihkan bekas pekerjaan pemasangan granit untuk anak tangga hingga benar-benar bersih. Tangga pun sudah memiliki tampilan baru dengan material yang lebih mewah dan elegan.
Demikianlah tahap penggantian atau pemasangan granit anak tangga. Semoga bermanfaat.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Supplier Marmer Granit] [img=] [description=Your Description Here] (facebook=Facebook Profile Url) (twitter=Twitter Profile Url) (instagram=Instagram Profile Url) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)

Follow @Infinyteam

    Abut Us

    PABRIK MARMER

    Kami adalah Supplier Marmer dan Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


    : [email protected]



    Popular Posts

    Hubungi Kami